Sabtu 25-09-2021,06:18 WIB

Khutbah Hari Raya Idul Adha: Memaknai Hikmah Kurban di Masa Pandemi


Reporter : Datin Rafiliah
Editor : Aldo





Ilustrasi Shalat Tarawih di Masjid Nabawi -Tangkapan layar [email protected]

SEPUTAR GRESIK- Berdasarkan edaran resmi dari pemerintah, bahwa tahun ini ibadah haji dan penyelenggaraan salat Iduladha kembali ditiadakan. Himbauan pelaksanaan salat 'Id dapat dilakukan disetiap rumah bersama anggota keluarga masing-masing.

Meski ibadah kurban kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya, namun tidak dapat sama sekali mengurangi kekhusyuan kita selama menjalaninya. Pun demikian menghabiskan waktu hanya di dalam rumah, kita tetap dapat memperbanyak ibadah sebagai sebuah bentuk membangun kedekatan kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

(BACA JUGA:Heboh! Video Youtube yang Mengabarkan UAS Telah Meninggal Dunia, Begini Fakta Sebenarnya)

Selain mempelajari tuntunan salat 'Id di rumah, kita perlu juga untuk mendalami isi khutbah yang menjadi bagian dari rangkaian ibadah salat 'Id. Melansir dari suaramuhammadiyah.id, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir memberikan Khutbah yang bertajuk Berqurban di Masa Pandemi, dengan rangkumannya sebagai berikut:


اَلْـحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ لاَنَبِيَّ بَعْدَهُ . وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ  نَبِيِّنَا مُحَمَّد وَعَلَى اَلِهَ وَ اَصْحَبِهَ وَمَنْ وَّالَاهُ اَمَّا بّعْدُ فَيَاعِبَدَاللهِ أُوْصِيْكُمْ وَأِيَّايَ بِتَقْوَى االلهِ حَقَّ تُقَاتِهِ فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْنَ

اَللهُ اَكْبَرُاللهُ اَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Alhamdulillah, pagi hari ini segenap kaum muslimin di seluruh tanah air dan sejumlah negeri menunaikan shalat ‘Idul Adha 10 Dzuhlizah 1442 Hijriyah. Segenap kaum muslimin mengumandangkan takbir, tahlil, tahmid, dan tasbih  sebagai wujud penghambaan diri kepada Allah Yang Maha Rahman dan Rahim.

(BACA JUGA:Heboh! Video Youtube yang Mengabarkan UAS Telah Meninggal Dunia, Begini Fakta Sebenarnya)

Semua bersalawat kepada Nabi Muhammad, Rasul akhir zaman yang menjadi uswah hasanah dan penyeba4 risalah rahmatan lil-‘alamim. Setiap Muslim bersimpuh diri di hadapan Allah serta menunaikan sunnah Nabi shalat Idul Adha untuk meraih ridha dan karunia Ilahi.


Tags : #khutbah idul adha #idul adha dirumah #hikmah kurban di masa pandemi #hari raya idul adha #covid-19
Kategori : Oase
Sumber : suaramuhammadiyah.id