-->

Catat Nasehat Ini! Perngertian dan Cara Menghindari Sifat Riya Menurut Ahlinya yang Akan Menjadikan Hati Lebih Sehat


Ilustrasi Islam-Dok. Istimewa-Pixbay.com

SEPUTAR GRESIK - Berikut ini adalah cara menghindari salah satu penyakit hati yang bernama riya agar jiwa lebih sehat menurut ahlinya.

Sifat ingin diangat lebih baik, lebih pintar, lebih rajin dan selalu merasa sempurna adalah salah satu tanda sifat buruk tersebut.

Bahkan untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain terkadang manusia bisa melakukan segala cara hingga berbohong supaya terlihat lebih baik dari pada yang lainya inilah efek negatif dari sifat riya.

Sifat tersebut tentunya bertentangan dengan konsep keikhlasan yang diajarkan oleh Islam karena jika kita melakukan perbuatan baik agar dinilai dan dilihat oleh orang itu sangat jauh dari kata ikhlas.

Menurut Izzuddin bin Abdus Salam dalam bukunya Maqashidur Ri'ayah li Huquqillah dijelaskan bahwasanya riya sendiri memiliki tiga bentuk dan cara menangulanginya, antara lain adalah.

(BACA JUGA:Jadikan Hati Lebih Sehat dengan Tips Menghindari Sifat Sombong Menurut Imam al-Ghazali Berikut Ini)

Orang yang sebelum melakukan amalan atau sesuatu yang baik itu sudah terbesit riya dan dia mengerjakan amalan itu murni karena mengharap pujian orang lain, supaya menghindarinya dihimbaubuntuk menunda amalan sampai muncul rasa ikhlas.

`
Kategori : Oase