-->

Jadikan Hati Lebih Sehat dengan Tips Menghindari Sifat Sombong Menurut Imam al-Ghazali Berikut Ini


Ilustrasi Surga-Pexels-

SEPUTAR GRESIK - Berikut ini adalah Cara Menghindari Sifat Sombong dalam Islam menurut Imam Al-Ghazali agar hati menjadi lebih sehat.

Sifat sombong adalah hal yang sangat merugikan setiap individu bahkan bisa menjadi penyakit hati karena selalu memandang rendah orang lain bisa juga membuat hidup tidak tenang karena selalu fokus terhadap pencapaian orang lain.

Agar kita terhindar dari sifat buruk tersebut kali ini Tim Seputar Gresik akan membagikan cara menghindari sifat sombong agar hati lebih sehat menurut Imam Al-Ghazali.

Abu Hammid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali dalam kitab Bidayah al-Hidayah memberikan lima cara agar tidak sombong terhadap orang lain, berikut ini pemaparanya.

Pertama untuk tidak sombong terhadap anak kecil karena dia belum pernah melakukanya sedangkan kita senantiasa melakukanya.

"Anak ini belum pernah bermaksiat kepada Allah (karena masih kecil yang semua pekerjaan buruk tidak dinilai oleh Allah), sedangkan saya sering bermaksiat kepadanya, maka tak perlu diragukan bahwa ia lebih mulia dariku," mengutip kitab tersebut.

(BACA JUGA:Jadikan Hati Lebih Sehat dengan Cara Menghindari Sifat Iri Menurut Imam an-Nawawi Berikut Ini)

Selanjutnya tidak sombong melihat orang yang lebih tua karena beliau telah beribadah kepada Allah sebelum kita beribadah.

`
Kategori : Gaya Hidup Oase