Cukai Gresik

MK Resmi Putuskan UU Cipta Kerja Bertentangan dengan UUD 1945 Sehingga Perlu Perbaikan


Putusan Mahkamah Konstitusi terhadap UU Cipta Kerja--Tangkapan layar youtube Mahkamah Konstitusi RI

SEPUTAR GRESIK - Mahkamah Konstitusi resmi menyatakan bahwa UU Cipta Kerja bertentangan dengan UUD 1945 dan meminta DPR untuk melakukan perbaikan sesuai waktu yang diberikan.

Hari ini, Kamis (25/11) MK menggelar sidang uji formil UU Cipta Kerja yang disiarkan langsung melalui official youtube Mahkamah Konstitusi RI. Hasil dari sidang tersebut menyatakan bahwa UU Cipta Kerja perlu diadakan sebuah perbaikan.

Ketua MK Anwar Usman mengatakan salah satu penyebab diharuskannya melakukan perbaikan lantaran MK menilai UU Cipta Kerja bertentangan dengan UUD 1945.

“Menyatakan pembentukan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat secara bersyarat, sepanjang tidak dimaknai tidak dilakukan perbaikan dalam waktu dua tahun sejak putusan ini diucapkan,” ucapnya.

Dalam keterangan tersebut diketahui bahwa MK memberi tenggat waktu kepada DPR untuk melakukan perbaikan Undang-Undang dalam kurun waktu 2 tahun. 

(BACA JUGA:Raih People Of The Year 2021, Mendikbudristek Dedikasikan Penghargaan Bagi Para Guru)

Jika dalam waktu yang ditentukan DPR tidak dapat memperbaiki Undang-Undang tersebut maka UU yang direvisi menjadi Cipta Kerja berupa muatan UU No 11/2021 akan berlaku kembali.

Apabila dalam tenggat waktu...

(BACA JUGA:Jackpot 5 Tirai FaFaFa Higgs Domino 90B dalam 3 Spin, Perhatikan 2 Kode Item Terbaru Ini Wajib Ada)

`
Kategori : Nasional