Jumat 30-07-2021,09:59 WIB

Fenomena Langka! Akan Terjadi Gerhana Bulan Total Bersamaan dengan Hari Raya Waisak




SEPUTAR GRESIK - Hari Raya Waisak yang akan dirayakan pada 26 Mei mendatang, ternyata bertepatan pula dengan fenomena antariksa yakni Gerhana Bulan Total.

Terjadinya kedua fenomena ini secara bersamaan merupakan momen yang sangat langka, dikarenakan sebelumnya juga pernah terjadi pada tahun 2003 dan akan kembali terjadi pada tahun 2040.

Pengumuman akan terjadinya fenomena langka ini disampaikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melalui laman resminya.

(BACA JUGA:Hanya Terjadi 14 Menit, Super Blood Moon Akan Nampak di Indonesia)

Mereka mengumumkan bahwa pada tanggal 26 Mei 2021 mendatang, akan terjadi suatu fenomena yang langka di Indonesia yakni Gerhana Bulan Total yang juga bertepatan dengan Hari Raya Waisak.

Bahkan jika kita hanya melihat salah satu aspek saja, bahwa Gerhana Bulan Total kali ini sudah cukup istimewa dikarenakan dia terjadi ketika Perige yakni ketika posisi Bulan sangat dekat dengan Bumi.


Tags : #fenomena langka #gerhana bulan total dan waisak #gerhana bulan total 26 mei #titik pengamatan gerhana bulan total #bulan merah super 26 mei #fenomena 195 tahun sekali
Kategori : Nasional
Reporter : Ilmi muis
Editor : Eggy Awang

Sumber : http://edukasi.sains.lapan.go.id/