-->

3 Jenis Obat Kolesterol Generik paling Ampuh, Cocok untuk Atasi Lemak Jahat


Ilustrasi Obat Penurun Kolesterol-qimono-Pixabay

SEPUTAR GRESIK - Ternyata inilah 3 jenis obat kolesterol generik yang bisa jadi salah satu pilihan untuk menurunkan lemak jahat dalam tubuh. 

Sebelum membahas tentang nama obatnya kita tentunya perlu mengetahui apa itu obat generik. Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga semua perusahaan farmasi dapat bersaing untuk memproduksi tanpa perlu membayar hak milik.

Meski merupakan versi masa paten yang sudah habis tidak membuat obat generik kurang berkualitas. Obat generik memiliki efektivitas dan kandungan zat aktif yang setara dengan obat paten. Perbedaannya obat generik lebih murah karena tidak membutuhkan penelitian dan biaya hak cipta.

(BACA JUGA:Sinopsis Film Guru-Guru Gokil, Tayang di Bioskop Trans TV Hari Ini!)

Contoh obat generik yang paling umum adalah Parasetamol. Obat generik memiliki berbagai jenis untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya kolesterol. Penderita kolesterol yang memang dianjurkan mengonsumsi obat secara rutin tentu akan beralih ke obat generik karena harganya yang lebih ekonomis disbanding obat paten.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi obat kolesterol generik ternyata lebih teratur dan konsisten untuk meminum obat dibandingkan orang yang mengonsumsi obat paten.

Tentu saja ini erat kaitannya dengan harga yang murah. Meski harganya murah, obat kolesterol generik ini tak kalah ampuh dengan obat paten yang harganya tentu saja lebih mahal.

Dokter Anda mungkin akan menyarankan satu obat atau kombinasi obat kolesterol. Berikut adalah jenis obat kolesterol generik lengkap dengan efek samping dan kegunaannya. 

(BACA JUGA:5 Karakter dengan Kecerdasan IQ Tiada Tandingan selain Detektif L, Salah Satunya Madara The Ghost of Uchiha)

1. Statin

Statin adalah jenis obat penurun kolesterol dengan cara menghambat enzim yang diperlukan untuk produksi kolesterol. Obat golongan statin efektif menurunkan LDL. Berikut obat yang masuk golongan statin.

- Simvastatin 

- Lovastatin 

- Pravastatin 

(BACA JUGA:5 Fakta Menarik karakter L di Deathnote Film Anime Death Note, Detektif Jenius yang Jarang Ganti Baju)

- Fluvastatin 

- Atorvastatin 

- Pitavastatin 

- Rosuvastatin 

Efek samping statin adalah meningkatnya nyeri otot, peningkatan kadar gula darah, sembelit, mual, diare, sakit perut, kram, peningkatan enzim hati. Konsultasikan ke dokter sebelum konsumsi.

(BACA JUGA:BLINK Sadar Ga Sih? Ini 5 Alasan BLACKPINK Miliki Daya Pikat Luar Biasa di Mata Dunia)

2. Golongan Asam Fibrat

Obat golongan asam fibrat dapat meningkatkan aktivitas lipoprotein lipase. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan aktivitas reseptor LDL dan menghambat produksi VLDL di hati. Obat yang termasuk golongan asam fibrat, yaitu Fenofibrat dan Gemfibrozil 

Efek yang ditimbulkan mual, sakit perut, nyeri otot. Konsultasikan ke dokter sebelum konsumsi.

3. Resin Pengikat Asam Empedu 

(BACA JUGA:Link Nonton dan Sinopsis Film Anime Horimiya Season 1 Sub Indo Full HD, Kisah Asmara Remaja di Sekolah)

Obat jenis ini bekerja dengan cara mengikat asam empedu yang terdapat di dalam usus dan meningkatan pengubahan kolesterol di dalam hati menjadi asam empedu. Hal itu mengakibatkan kandungan kolesterol hati menurun, total kolesterol dan LDL akan menurun, sedangkan HDL tetap atau akan naik sedikit. Obat yang termasuk golongan resin pengikat asam empedu antara lain:

- Kolestiramin 

- Colestipol 

- Colesevelam 

(BACA JUGA:Link Nonton dan Sinopsis Film Anime Horimiya Season 1 Sub Indo Full HD, Kisah Asmara Remaja di Sekolah)

Efek yang ditimbulkan sembelit, kembung, mual, mulas. Konsultasikan ke dokter sebelum konsumsi. 

 

SG

`
Kategori : Nasional