-->

5 Cara Turunkan Kolesterol Tanpa Obat, Patut Dicoba untuk Ubah Gaya Hidup


Ilustrasi buah-buahan- HeVoLi/Pixabay-Pixabay

SEPUTAR GRESIK – Ternyata inilah 5 cara turunkan kolesterol tanpa obat yang juga bisa berguna untuk mengubah gaya hidup lebih sehat.Kolesterol diproduksi oleh hati yang memiliki banyak fungsi penting. Contohnya, membentu menjaga dinding sel Anda tetap fleksibel dan diperlukan untuk membuat beberapa hormon. Namun, bila produksi kolesterol berlebihan maka akan menimbulkan berbagai macam resiko kesehatan. 

Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika tingkat kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Kondisi kolesterol tinggi bisa sangat berbahaya, sebab, penderita akan sangat berisiko untuk terserang beberapa penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke.

Ketika memiliki kolesterol tinggi, orang tersebut akan menemui dokter dan mengonsumsi obat atas anjuran dokter. Namun, ternyata ada banyak cara untuk menurunkan kolesterol, seperti menjaga asupan makan serta olahraga.

(BACA JUGA:Link Nonton Anime Rurouni Kenshin, Cara Baru Nostalgia di Era Digital!)

Cara yang paling sering dilakukan penderita kolesterol tinggi aalah mengatur pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan yang dapat menurunkan kolesterol. Dilansir dari laman Kementrian Kesehatan dan Healthline berikut ini cara menurunkan kolesterol tanpa obat.

1. Tomat 

Riset dari jurnal Maturitas menyebutkan, tomat yang dimasak berkhasiat hampir sama dengan obat penurun koleterol. Ketika rutin mengonsumsi tomat, anda tidak mendapat efek samping seperti lemas, sakit otot, atau bahkan kerusakan saraf.

(BACA JUGA:5 Lagu Kpop Berikut Ini Dijamin Cocok untuk Seseorang Berkepribadian Sanguinis!)

Tomat memiliki senyawa likopen yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu kandungan vitamin B dan Kalium dalam tomat mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. 

2. Semangka 

Siapa sangka bila buah segar yang sering dikonsumsi sebagai penghilang dahaga dapat menurunkan kolesterol. Semangka mengandunglikopen yangsama seperti tomat dan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

3. Apel 

Buah apel memang telah dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, rupanya juga mampu menurunkan kadar kolesterol LDL.

(BACA JUGA:Diseduh dengan Teknik Tradisional! Ini Manfaat Mengonsumsi Kopi Klotok Setiap Hari)

Apel mengandung zat beta-glucan yang memiliki peran menontrol produksi kolesterol dalam darah. Apel juga dapat mencegah arteri mengeras karena berfungsi sebagai serat larut untuk menurunkan kolesterol. 

4. Berhenti Merokok 

Merokok menyebabkan resiko penyakit jantung meningkat dan menyebabkan perubahan cara tubuh menangani kolesterol. Sel-sel kekebalan pada peroko tidak dapat mengembalikan koleterol dari dinding pembuluhdarah ke darah untuk diangkut ke hati.

Sel-sel kekebalan yang tak berfungsi secara semestinya ini dapat berkontribusi pada perkembangan arteri yang tersumbat lebih cepat pada perokok. Rokok mengandung senyawa kimia beracun yang disebut akrolein yang dapat diserap ke dalam aliran darah melalui paru-paru.

Para ilmuwan percaya hal itulah yang merusak bagaimana HDL dalam tubuh mengangkut kolesterol dan dengan demikian meningkatkan kadar LDL, yang dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung.

(BACA JUGA:Berikut 7 Fakta Menarik Itachi Uchiha Anime Naruto: Shipudden Tunjukkan Dirinya Bukan Villain, tapi Pahlawan)

5. Berolahraga 

Meskipun anda tidak kelebihan berat badan, olahraga tetap membantu menurunkan kadara kolesterol tinggi. Olahraga juga dapat meningkatkan produksi HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

Disarankan untuk berolahraga 30 menit per hari dalam 5 hari. Bila anda sibuk dengan pekerjaan, cobalah untuk berjalan selama 10 menit ketika istirahat, atau naik tangga daripada naik lift. 

 

SG

`
Kategori : Nasional